ORIFLAME


Tepatnya tahun 1967, Mr. Robert dan Mr Jonas Af Jochnick bersama partner bisnis mereka, Bengt Hellsten membicarakan impian bisnis mereka. Mereka ingin mempunya bisnis luar biasa dengan produk yang identik dengan kekayaan alam negeri mereka, Swedia. Mereka ingin menciptakan perusahaan kosmetika yang menawarkan jenis kosmetika yang berbeda dari yang telah ada pada waktu itu, yaitu yang mengandung bahan dasar alami. Mereka juga ingin memperkenalkan metode distribusi produk yang baru yang inovatif, yaitu menjual produk yang dihasilkannya langsung ke rumah-rumah setiap orang.

Mengetahui bahwa wanita Swedia terkenal akan kecantikan alaminya, mereka berpikir: “Bagaimana jika kita mengemas kecantikan itu dalam botol?”. Maka mereka mulai memformulasikan produk perawatan kulit berbahan dasar alami dari Skandinavia, seperti cloudberry, birch bark, dan lainnya. 

Mereka mengembangkan formulasi yang aman, efektif, serta dengan wewangian yang lembut. Seri perawatan kulit Oriflame Swedish Care diluncurkan dalam waktu singkat. Saat ini, telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Sejak awal, Oriflame telah menjadi pelopor “tidak diuji cobakan pada hewan”, jauh sebelum industri lain melakukan hal ini. 

Sejalan dengan itu, Af Jochnick bersaudara mengembangkan dan memulai metode penjualan langsung dimana Sales Consultant yang terlatih membawa produk langsung ke rumah pelanggan mereka. Orang senang untuk membeli produk kecantikan alami yang langsung ditunjukkan kepada mereka oleh seorang teman yang telah mereka kenal dan percaya. Para Consultant memberikan saran dan kesempatan untuk mencoba produk sebelum membelinya. Jika pelanggan tidak puas, Oriflame menawarkan garansi uang kembali. 

Perluasan wilayah penjualan merupakan konsekuensi alami dari kesuksesan Oriflame di Swedia. Hanya dalam waktu dua tahun, perusahaan berkembang ke Finlandia, Denmark dan Norwegia, dan pada pertengahan tahun 80-an, Oriflame telah digunakan oleh wanita di negara-negara yang sangat jauh, seperti di Indonesia. 

Untuk memenuhi permintaan, pabrik Oriflame yang pertama didirikan di Dublin, Irlandia pada tahun 1978. Ini membuat perusahaan makin dapat fokus pada pengembangan formulasi perawatan kulit, dan kosmetika yang terbukti efektif dan aman, berbahan dasar alami. 

Pembukaan cabang di negara Eropa Timur pada tahun 1990 memberikan peluang besar bagi Oriflame untuk menguasai pasar dengan kualitas produknya, harga yang terjangkau serta sistem penjualannya yang unik. Pabrik kedua di Warsawa pun didirikan pada tahun 1995 untuk memenuhi permintaan yang meningkat secara drastis. 

Tahun 90-an telah menunjukkan perkembangan spektakuler dalam sejarah perusahaan – total penjualan naik hingga 500%, menjadikan Oriflame sebagai perusahaan dengan sistem penjualan langsung yang paling cepat berkembang di dunia. Tahun 1997, Oriflame Eastern Europe S.A. dan Oriflame International S.A. melebur menjadi satu untuk menggabungkan sumber daya masing-masing untuk menghadapi tantangan investasi di tahun-tahun mendatang. 

Bisnis Oriflame telah berkembang dengan sukses di seluruh dunia. Sekarang, perusahaan telah beroperasi di 5 benua dan lebih dari 60 negara – dari Peru hingga Vietnam, dari Rusia hingga Maroko. Expansi yang agresif dimulai pada awal tahun 90-an membuat perusahaan berkembang delapan kali lipat hanya dalam sepuluh tahun. 

Oriflame Cosmetics saat ini adalah perusahaan kosmetik dengan perkembangan tercepat di dunia. Oriflame memiliki kantor penjualan di 60 negara dan merupakan pemimpin pasar di lebih dari 30 negara. Jaringan penjualan yang terdiri dari 2 juta Consultant mandiri yang memasarkan rangkaian lengkap perawatan kulit, wewangian dan kosmetik berkualitas tinggi. Meskipun berkembang dengan cepat, Oriflame tidak pernah sekalipun melupakan konsep bisnis awalnya – Natural Swedish Cosmetics yang dijual dari teman untuk teman. 

Prestasi Oriflame 

Oriflame berhasil meraih 10 Penghargaan di Beauty Award Penghargaan Harper’s Bazaar Beauty Awards 2007 adalah kontes bergengsi yang diadakan oleh majalah Harper’s Bazaar Indonesia, sebuah majalah fashion yang telah mendunia. Tujuan dari kontes tersebut adalah untuk memberikan penghargaan pada merek-merek kosmetik yang berkualitas tinggi. Inovasi yang membuat ide mereka berbeda dengan bisnis lainnya, mereka tidak berkutat pada penjualan konvensional. 

Duo pendiri Oriflame ini melakukan gebrakan dengan melakukan metode penjualan langsung. Mereka memindahkan jantung bisnis Oriflame ke rumah pelanggan. Tak dinyana metode alternatif ini, membuat Oriflame akhirnya terkenal di seluruh dunia. 

Hingga tulisan ini dibuat 
○Oriflame telah Ada di 62 negara 
○Memiliki 3.3juta Consultant 
○Memiliki 7500 karyawan 
○Mengeluarkan 950 jenis produk setiap tahunnya 
○Sebagai co-founder World Childhood Foundation 
○Memiliki Pusat Research & Development yang mempekerjakan 100 ilmuwan ○Terdaftar di Bursa saham Nasdaq OMX 

Masih banyak lagi pencapaian Oriflame ini, dan insyaALLAH akan terus berkembang.


Oriflame Indonesia

Indonesia menjadi pasar pertama di Asia sejak Tahun 1986 dan telah berjaya selama 20 tahun. Memilik 14 kantor cabang dan ribuan consultant yang tersebar luas di Seluruh Indonesia. Untuk saat ini Oriflame Indonesia merupakan Perusahaan Kosmetik yang memiliki sistem penjualan mandiri no 1 di Indonesia.